Makanan Ala Jepang, Halal Nggak Ya??




Holllaaa, assalamu'alaikum pembaca setia muslimah menjejak! How is it going? Semoga semuanya sehat-sehat dan mendapat rejeki yang berlimpah...! Aamiin.... Biar bisa kulineran tanpa khawatir ga boleh ini, ga boleh itu. Any way, ngomongin tentang kuliner, ada makanan ala-ala negeri sakura gitu Sob, lagi buka cabang di Bandar Lampung. Tepatnya di Jalan Pangeran Antasari. Apa itu? Ciri-cirinya ada gambar dua anak kecil laki-laki dan perempuan pakai topi berhuruf "T" dan "H" , coba deh tebak, apa hayo? Apa sih, kak? Hem... Huruf depannya H titik-tittik Ben! Yapz, HokBen! Kalo dulu namanya Hoka-Hoka Bento, cuma karena negeri +62 tuh suka nyingkat-nyingkat, jadilah konsumen suka bilang Hokben. Tapi karena konsumen suka bilang Hokben, pihak Hokben juga ga keberatan kok, jadi deh sekarang namanya Hokben. Yeaay!

Ada Menu Apa Aja Sih Di Hokben?




Value Set : egg chiken roll + shrimp roll + nasi + clear soup (for dine in only) Rp. 27.728

Favorite Set: chiken teriyaki/ yakiniku + egg chiken roll + shrimp roll + tori ball + nasi + ocha + clear soup (for dine in only) Ro. 45.455

Premium Set: beef teriyaki/yakiniku + chiken katsu + nasi+ ocha + clear soup (for dine in only) Rp.55.000

Premium Set Seafood: Beef teriyaki/ yakiniku + shrimp roll + ekkado + ebi furai + nasi + ocha + clear soup (for dine n only) Rp.53.182 




Selain menu di atas, ada juga paket bento! Aku suka paket bento. Kemarin aku ambil yang bento special 3. Entah kenapa aku suka makan kaya pakai kotak nasih gitu, interested. Hihihi. Isi dari bento yang aku makan itu ada tori no teba + ebi furai + ebi fried + beef yakiniku + nasi. Paket bento spesial yang aku pilih ini dibanderol dengan harga Rp. 53. 637. Dan Shrimp Dumpling sekitar 19 ribu. Dan minuman dingin Aoi Ocha sekitar empat belas ribuan kalau tak salah ingat. (Mohon dimaafkan yak, kalo salah, hihihi) Nah bisa juga nih cek menu dan harganya di Menu HokBen.

Rasanya crunchy alias kriuk-kriuk lembut!!


Nah, masih bejibun lho untuk menunya sendiri. Biar lebih enaknya nih aku fotoin menunya, biar Sobat bisa lebih tertarikkan liat menu plus gambarnya! Oya ada paket buat anak-anak juga di sini. Dan menariknya lagi ada hadiah jam tangan slap buat paket Kidzu Bento. 


Ada 5 jam tangan anak yang lucu-lucu berbentuk hewan. Sobat bisa pilih yang Koara, Jeji, Shima, Shiro, dan Kaba. Cocok banget kalo kita punya anak kecil, pasti seneng! Eh, btw kan yang baca artikel aku ada yang masih jomblo yahc,  atau OTW halal, jadi belum punya baby, oce deh untuk sementara bisa bawa adek, ponakan, anak tetangga juga boleh, hihihi. 



Nah, selain itu, ada lagi nih plusnya. Jadi paket Kidzu Bento ini sudah termasuk Milo. Tinggal slrrruuup, hmmmm. Nicely.


Sejarah Hokben

Ngomongin Hokben, mungkin beberapa dari kita masih asing yah. Cuma tahu aja dari TV. Maklum sebelumnyakan di Lampung sendiri belum ada yah. Jadi nggak papa buat yang masih bingung. Hokben itu dulunya Hoka-Hoka Bento dengan gambar ikonik dua anak kecil rambut pendek pake topi kaya gambar di bawah ini Sob. Mereka namanya Taro sama Hanako. 

1985

Hokben hadir di Jakarta pada tanggal 18 April 1985, dibawah manajemen PT. Eka Bogainti, sebagai restoran siap saji bergaya Jepang di Indonesia. Sebagai merek asli Indonesia, Hokben memulai perjalanannya dari satu store di Kebon Kacang, Jakarta, kemudian tumbuh dan berkembang hingga memiliki lebih dari 156 gerai (data perakhir September 2019) di Pulau Jawa, Bali, dan Sumatera. Restoran.

1990

Cabang pertama dibuka di Bandung. Sekarang, Hoka Hoka Bento memiliki 27 cabang yang tersebar di berbagai lokasi di Jawa Barat. (catatan : Seluruh store HokBen di Jawa Barat dimiliki oleh PT Citra Boga Kumala)

2005
Pembukaan gerai pertama di Surabaya. Sampai saat ini, ada 10 gerai HokBen yang tersebar di berbagai lokasi di Surabaya dan Malang.

2007
Call Center 1500505 ditetapkan sebagai kontak Pesan Antar Hokben.

2008
HokBen memperoleh Sertifikat Halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Sertifikat Halal No. 00160048830908. Peluncuran Website HokBen dengan fasilitas Pesan Online dan diperkenalkannya Paket Kidzu Bento untuk anak-anak.

2009
Peluncuran Hokben Drive Thru di Cabang Alam Sutera. Saat ini HokBen memiliki 4 cabang dengan layanan Drive Thru yang tersedia di Alam Sutera, BSD Square (Tangerang), Harapan Indah (Bekasi) dan Polisi Istimewa (Surabaya).

2010
Memperluas cabang ke Jawa Tengah (Jogjakarta, Semarang, Solo) dan Bali.

2012
Memperkenalkan pembayaran dengan cara multi-cashier service dan debit/credit card dan peluncuran Hocafe.

2013
Mulai 15 Oktober 2013 Hoka Hoka Bento hadir dengan nama baru: HokBen; dengan tampilan, penawaran, pelayanan dan nuansa yang lebih segar dan bersahabat

2016
Pada 17 Agustus 2016 HokBen Apps hadir untuk Pengguna Smartphone Android,dan untuk pengguna IOS pada Nov 2016. Dengan tagline "Sekarang Kamu dan HokBen hanya sejarak Sumpit" Aplikasi ini akan memberikan pengalaman 'Customer Journey' yang memudahkan Customer dalam memesan menu HokBen selayaknya di store.

2017
Tahun 2017 tepatnya pada 27 September, HokBen meraih Sertifikat Sistem Jaminan Halal dari LPPOM MUI. Dengan diraihnya Sertifikat Sistem Jaminan Halal ini, Masyarakat tidak perlu ragu dalam mengkonsumsi produk HokBen.

2018
Di tahun 2018, HokBen kembali membuat sejarah. HokBen pertama kali hadir di pulau Sumatera, tepatnya di kota Bandar Lampung. Store pertama di Sumatera ini berlokasi di Mall Boemi Kedaton lt.1 dan mulai melayani HokBen Friends Lampung pada 18 Oktober 2018. Dengan dibukanya HokBen MBK Bandar Lampung, maka kini HokBen memiliki total 147 store. Semua store HokBen dimiliki penuh oleh PT Eka Bogainti dan tidak membuka sistem franchise.

2019
Pada tanggal 12 Maret 2019, HokBen (PT.Eka Boga Inti) memperoleh sertifikasi BSI ISO 9001:2015 Quality Management.


Gambar Kaca Yang Berfilosofi


Jika Sobat pergi ke Hokben Antasari Bandar Lampung, jika diperhatikan bentuk hiasan yang ada di kaca ternyata bukanlah sekadar hiasan. Akan tetapi syarat akan makna. Beberapa simbol tersebut merupakan gabungan dari Welcoming Hello, Parent and Kid, Friendship, Respect, Pride.


Punya Produk Otentik Sendiri

Ekkado adalah produk otentik HokBen yang terinspirasi dari negeri Sakura, Jepang. Ekkado berasal dari kata EGG yang artinya telur, dan KADO dibungkus seperti kado. Merupakan hasil adikarya original HokBen dan sudah memiliki hak cipta teman-teman. Jadi penamaan ini, merupakan bikinan asli dari pemiliknya lho. Nah, bagi teman-teman hati-hati ya jangan sembarang pakai nama, takutnya kena hak paten, hihihi.


Gathering Tapis Blogger Dan HokBen


Sudah lama lho aku ga ikutan acara Tapis Blogger karena jarak yang lumayan jauh dari Metro ke Bandar Lampung, apalagi kalau harus naik motor sendiri. So, ini adalah kali pertama aku ikut ghatering Tapis Blogger dan Hokben. Aku berangkat bersama Mba Luckty, Abie Reza, and Bang Razone. Kami awalnya janjian berangkat berkumpul di suatu titik. Akan tetapi karena satu dan lain hal, kami berangkat masing-masing. Kami tentu berangkat lebih awal karena jarak yang jauh. Aku juga sempat bingung mencari walau ada google maps. Alhamdulillah, untungnya aku sampai sana jam sembilan kurang. Teman-teman juga tampak baru berdatangan. Aku disambut Pak Harno sang asesor manager di parkiran dengan senyuman ramahnya. Saat masuk pun disambut oleh Ibu Irma dari divisi pelayanan dan komunikasi.


Seperti biasa, setiap kali ikut acara Tapis Blogger aku merasa senang dan seru. Senang karena bisa berjumpa dengan kawan-kawan yang punya hobi sama foto dan menulis di blog. Bisa belajar teknik foto yang baik juga dengan mereka. Pada kesempatan kali ini, beberapa member Tapis Blogger memenangkan lomba twitter dan instagram.

Para pemenang lomba, tak ketinggalan Mbak Naqi ketua Tapis Blogger ikutan menang. Emang mastah, deh!


Makanan Ala Jepang, Halal Ga Tuh?!



Seperti dilansir di postingan instagram aku sendiri, wkwkw. Don't worry be happy! Makanan di Hokben HALAL. Buktinya apa, Kak? Jadi Sob, pas Tahun 2017 ntuhh HokBen dapet Sertifikat Sistem Jaminan Halal dari LPPOM MUI. Bahkan mendapat nilai A tiga kali berturut-turut. Manji-kan? Mantap djiwa lho ya... Nah, so ga perlu khawatir to tuck into (eat with pleasure) saat makan makanan menu Hokben! Nyammmmm!



Makanan Tanpa MSG

Klaim HokBen atas makanannya yang tidak mengandung MSG, namanya bukan isapan jempol belaka. Asbabnya adalah, saat aku menikmati makanan di sini, dagingnya bener-bener endess morkondess balutan bumbu dan juga empuk dagingnya cucookk. Plus emang rasanya lebih natural, alias tak terasa MSGnya. Aku pernah beli makanan di salah satu resto cepat saji ternama juga, saat itu aku sedang di Bandara dan mau sahur. Kondisi saat itu tak sempat bawa bekal karena tidak sempat beli, kalaupun beli di luar bandara, apalagi jika sayur pasti basi. Jadi mau tak mau harus beli di bandara. You know-lah ya kalo beli di bandara tuh harganya bisa bikin muter tujuh keliling deh. Nah saat itu, aku membeli makanan dengn menu ayam goreng. Memang terasa MSGnya. Aku sih no problem toh ga sering-sering. Tapi kalau ada yang lebih bersahabat untuk kesehatan kaya HokBen, why not? Kesehatan izz nambe wan-khan?


Daging yang dipakai juga 100% premium beef. Jadi bukan kaleng-kaleng ya.... Nah gimana masih khawatir makan di Hokben? Apalagi buat ibu hamil, masih bisa makan di sini karena bumbu masakan tanpa MSG. Plus Halallllll.




Pada saat grand opening, sudah cukup ramai yang datang, apalagi semakin mendekati jam makan siang, tampak sekali orang-orang sudah berbaris untuk antre pesan makanan. Ohya, di HokBen Antasari sendiri ada beberapa cara untuk pesan makanan. Selain dine in atau makan di tempat, Sobat juga bisa pesan bawa pulang atau yang biasa disebut take away. Selain itu bisa juga di pesan online di playstore & apple store. Bisa juga delivery melalui 1 500 505 atau bisa langung cus ke webnya di www.hokben.co.id. Ih, gampang bangetkan cara pesannya? Apalagi buat yang lagi mager-mager syantik di kostan abis ngerjain tugas yang nggak ada ujungnya :D. Nah yang terbaru ada layanan drive thru


Apa itu layanan drive thru?

Layanan drive thru adalah layanan dimana sobat ga perlu repot masuk gedung dan berdiri untuk antree pesan menu makanan. Cukup duduk syantik dan duduk tampan untuk memesan makanan. Nah, gambar di atas merupakan menu digital yang disediakan untuk layanan drive thru.


PROMO!!!

Yeayyy ini yang paling ditunggu n' diserbuuu. HokBen telah menyiapkan beberapa penawaran spesial untuk menyambut pelanggan setia HokBen lho! Tolong di-notice yak! Free take away bag premium untuk pembelian 2 paket ABCD (take away) tanggal 8 November 2019. Tanggal 22 & 29 November 2019 GRATIS payung HokBen untuk pembelian 1 paket Omiyage (take away). Selaian itu ada penawaran special price untuk pembelian menu 2 Bento Special + Aqua / teh botol Sosro seharga Rp. 110.000 selama 30 Oktober 2019 - 15 November 2019 untuk makan di tempat atau dine in. Dan FREE dessert setiap pembelian menu makan di tempat minimal Rp.150.000 pada tanggal 18 November 2019 - 30 November 2019.

Useless Plastic


Ada yang aku acungi jempol dari HokBen, pihak HokBen sedang menggalakkan aksi sayangi bumi dengan mengurangi sampah plastik dengan memulai kampanye #uselessplastic. Dalam program ini HokBen juga mengajak pelanggannya ikut serta. Di gerai semua HokBen saat ini sudah tidak lagi menyediakan sedotan plastik dan tutup gelas plastik untuk layanan dine in. Serta mengijinkan bagi pelanggan yang ingin membawa kotak makan sendiri untuk pembelian menu dibawa pulang atau take away

Pray Room

Ah senangnya kalo kita lagi hang out ke kafe or tempat makan ada fasilitas ruang solatnya. Kita ga perlu khawatir ketinggalan solat di sela meeting atau aktivitas kita. HokBen yang aku kunjungi di jalan Antasari ini juga terdapat ruang solat bagi umat muslim lho. Hem, tambah nyaman deh pergi makan di sini.

Pojok Baca




Pemerintah Lampung sedang gencar-gencarnya menggerakkan literasi. Bahkan di sekolah-sekolah dari SD, SMP, SMA sudah diadakan jam literasi. Khususnya di Metro sendiri jam literasi dipakai para siswa untuk melakukan kegiatan berliterasi. Dan ada pula meski belum semua, di dalam kelas mereka, ada semacam book corner yang dimana siswa dapat membaca buku. Bukunya beragam, bukan buku pelajaran, akan tetapi seperti cerita anak, dongeng, cara berpidato. Itu salah satu pojok buku yang aku temui di salah satu SD yang ada di Metro-Lampung. 

Berangkat dari kami para blogger yang sepertinya lebih identik dengan dunia literasi, aku pribadi berharap HokBen punya terobosan baru untuk menyediakan pojok buku bagi pelanggan yang sedang menunggu, agar tak terlalu jenuh. Pas lagi antri disamping ada buku, sambil berdiri bisa sambil nambah pengetahuankan :D. Dan juga ikut meramaikan himbauan pemerintah Lampung. Pasti banyak anak muda yang tertarik nih, makan sambil baca buku plus foto deh! Hihihi. Biasalah anak muda, suka foto-foto ala-ala gitu. Mereka juga akhirnya bisa sedikit mengurangi kecanduan gadget.



Nah, cukup sekian dulu ya cerita dari aku. Semoga bermanfaat! Jangan lupa kunjungi channel youtube aku, untuk vlog aku waktu makan di HokBen ya. In syaa Allah akan tayang pada beberapa hari kedepan. Stay tune di Betty Channel. Thanks for you're coming on my blog. See u laterr.... ^_^




Komentar

  1. Lengkap banget reviewnya mbak beti, grafisnya juga udah sip tinggal upgrade domain nih biar makin maknyus blognya hihihi

    BalasHapus

Posting Komentar